LAPORAN
HASIL AUDIT MANAJEMEN
PT. XYZ
Disusun
Oleh:
Nama :
·
Linda P. (24212221)
·
Ridha Azka Raga (26212302)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
LAPORAN AUDIT MANAJEMEN
Depok,
30 April 2015
No : 001/KAP/IV/2015
Lampiran : 4 eksemplar
Perihal :
Laporan Hasil Audit Manajemen
Kepada
Yth,
Direktur Utama PT. XYZ
Di
Depok
Kami telah melakukan audit atas
perbaikan pengelolaan program pelatihan karyawan di masa depan pada PT XYZ untuk periode tahun 2014/2015.
Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan
keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas
laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Laporan Display
& Penjualan Harian yang dimiliki (terjadi pada) perusahaan PT XYZ. Audit
tersebut dimaksudkan untuk menilai efisiensi (daya guna), dan efektivitas
(hasil guna) pelaksanaan penjualan. Pengelolaan program penjualan yang
dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan program penjualan
yang ditemukan selama audit, sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat
dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi
dengan lebih ekonomis, efisien, dan
lebih efektif dalam mencapai tujuannya.
Hasil audit kami sajikan dalam
bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab
I : Informasi Latar
Belakang
Bab
II : Kesimpulan Audit yang
Didukung dengan Temuan Audit
Bab
III : Rekomendasi
Bab
IV : Ruang Lingkup
Dalam melaksanakan audit kami telah
memperoleh banyak bantuan, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak baik
jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini.
Untuk itu kamu mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin
dengan baik ini.
Kantor
Akuntan Publik
Linda P dan Ridha Azka Raga
BAB I
Informasi Latar Belakang
Perusahaan XYZ
berlokasi di Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia. Berdiri pada tahun 2009..
PT XY
bergerak dibidang retail. PT XYZ
yang memfokuskan di bagian cake and bakery tergolong perusahaan maju, dan mampu
memberikan rasa dan inovasi untuk konsumennya. Perusahaan ini menerapkan
teknologu yang maju dalam proses produksi agar tercapainya ekonomisasi,
efisiensi dan efektifitas.
.
Susunan direksi
perusahaan adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris :
XXX
Direktur Utama : XXX
Wail Direktur Utama : XXX
Direktur Operasional : XXX
Direktur Keuangan : XXX
Sedangkan
tujuan dilakukan audit adalah untuk :
1.
Menilai
ekonomisasi, efisiensi dan efektifitas pengelolaan penjualan tiap harinya.
2.
Memberikan
berbagai saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan penjualan dan profile
perusahaan yang belum terealisasi dengan baik. .
BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan
temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi :
a.
Dari
kuesioner yang ditanyakan kepada direktur utama terdapat dua jawaban tidak pada
program audit Rencana Induk Produksi dan Operasi, dan program audit
Produktivitas dan Nilai Tambah.
b.
Perusahaan
hanya memiliki satu prinsip.
c.
Perusahaan
selalu ingin memberikan hasil maksimal bagi karyawan ataupun konsumen.
Kriteria :
a.
Tujuan
pengelolaan penjualan adalah:
Ø Untuk meningkatkan laba
perusahaan
Ø Meningkatkan inovasi dengan
cara penjualan baik melalui media sosial ataupun media langsung.
Ø Menurunkan pemborosan
produk sisa.
b.
Pengelolaan
penjualan harus didukung inovasi penjualan dan inovasi rasa.
c.
Melakukan penilaian terhadap penjualan yang
telah dilakukan untuk mendapatkan umpan balik bagi perbaikan penjualan
berikutnya.
Penyebab :
a.
Perusahaan
tidak menginginkan hasil yang minimal bagi karyawan ataupun konsumen.
b.
Perusahaan
dalam jadwal induk produksi belum selaras dengan jadwal pada fungsi bisnis yang
lain.
c.
Kurang
dikenalnya perusahaan cake and bakery, belum dilampirkan profile perusahaan
hanya alamatnya saja.
Akibat :
Belum
efektifnya karena perusahaan belum mau menyelaraskan dengan fungsi bisnis yang
lain, profile perusahaan tidak ditemukan di internet. Tersisanya produk yang
belum habis, tidak adanya layanan delivery order.
Pejabat yang bertanggung jawab:
Direktur
utama
Bab III
Rekomendasi
Hasil
audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan
datang. Kelemahan ini meliputi :
1.
Kelemahan
yang terjadi pada program penjualan perusahaan.
2.
Kelemahan
yang terjadi karena hanya memiliki satu prinsip.
Atas
keseluruhan kelemahan yang terjadi maka, diberikan rekomendasi sebagai koreksi
atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan
tersebut.
Rekomendasi
:
1.
Perusahaan
harus menyelaraskan jadwal induk produksi dengan jadwal pada fungsi bisnis lain
yaitu dengan lebih dari satu prinsip.
2.
Perusahaan
harus berani untuk menciptakan inovasi penjualan bukan hanya ditempat saja.
3.
Pelatihan
karyawan harus dilakukan secara menyeluruh agar terciptanya proses penjualan
yang lebih inovasi dari ide karyawan-karyawannya.
Keputusan
untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen ,
tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki, kami mengkhawatirkan terjadi
akibat yang lebih buruk pada penjualan di masa yang akan datang.
Bab IV
Ruang Lingkup Audit
Sesuai
dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi
masalah pengelolaan program penjualan PT XYZ untuk periode tahun
2014/2015. Audit kami mencakup penilaian atas program penjualan, rencana induk
produksi dan operasi, produktivitas dan nilai tambah karyawan yang melakukan
pelatihan dan personalia yang bertugas melalukan program penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar