Kamis, 07 Mei 2015


LAPORAN HASIL AUDIT MANAJEMEN

PT. XYZ





Disusun Oleh:

  Nama    :
·        Linda P.  (24212221)
·        Ridha Azka Raga (26212302)

                                                                  




















FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015


LAPORAN AUDIT MANAJEMEN


Depok, 30 April 2015
No                   : 001/KAP/IV/2015
Lampiran         : 4 eksemplar
Perihal             : Laporan Hasil Audit Manajemen

Kepada
Yth, Direktur Utama PT. XYZ
Di Depok
            Kami telah melakukan audit atas perbaikan pengelolaan program pelatihan karyawan di masa depan pada PT XYZ untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Laporan Display & Penjualan Harian yang dimiliki (terjadi pada) perusahaan PT XYZ. Audit tersebut dimaksudkan untuk menilai efisiensi (daya guna), dan efektivitas (hasil guna) pelaksanaan penjualan. Pengelolaan program penjualan yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan program penjualan yang ditemukan selama audit, sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan  lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuannya.
            Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab I                : Informasi Latar Belakang
Bab II               : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III              : Rekomendasi
Bab IV             : Ruang Lingkup
            Dalam melaksanakan audit kami telah memperoleh banyak bantuan, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kamu mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini.

Kantor Akuntan Publik
Linda P dan Ridha Azka Raga
BAB I
Informasi Latar Belakang
Perusahaan XYZ berlokasi di Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia. Berdiri pada tahun 2009..
PT XY bergerak dibidang retail. PT XYZ yang memfokuskan di bagian cake and bakery tergolong perusahaan maju, dan mampu memberikan rasa dan inovasi untuk konsumennya. Perusahaan ini menerapkan teknologu yang maju dalam proses produksi agar tercapainya ekonomisasi, efisiensi dan efektifitas.
.
Susunan direksi perusahaan adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris                              :               XXX
Direktur Utama                                 :               XXX
Wail Direktur Utama                       :               XXX
Direktur Operasional                      :               XXX
Direktur Keuangan                          :               XXX


Sedangkan tujuan dilakukan audit adalah untuk :
1.    Menilai ekonomisasi, efisiensi dan efektifitas pengelolaan penjualan tiap harinya.
2.    Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan penjualan dan profile perusahaan yang belum terealisasi dengan baik. .














BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:

Kondisi :
a.   Dari kuesioner yang ditanyakan kepada direktur utama terdapat dua jawaban tidak pada program audit Rencana Induk Produksi dan Operasi, dan program audit Produktivitas dan Nilai Tambah.
b.   Perusahaan hanya memiliki satu prinsip.
c.   Perusahaan selalu ingin memberikan hasil maksimal bagi karyawan ataupun konsumen.

Kriteria :
a.    Tujuan pengelolaan penjualan adalah:
Ø  Untuk meningkatkan laba perusahaan
Ø  Meningkatkan inovasi dengan cara penjualan baik melalui media sosial ataupun media langsung.
Ø  Menurunkan pemborosan produk sisa.
b.    Pengelolaan penjualan harus didukung inovasi penjualan dan inovasi rasa.
c.     Melakukan penilaian terhadap penjualan yang telah dilakukan untuk mendapatkan umpan balik bagi perbaikan penjualan berikutnya.

Penyebab :
a.  Perusahaan tidak menginginkan hasil yang minimal bagi karyawan ataupun konsumen.
b.  Perusahaan dalam jadwal induk produksi belum selaras dengan jadwal pada fungsi bisnis yang lain.
c.  Kurang dikenalnya perusahaan cake and bakery, belum dilampirkan profile perusahaan hanya alamatnya saja.

Akibat :
Belum efektifnya karena perusahaan belum mau menyelaraskan dengan fungsi bisnis yang lain, profile perusahaan tidak ditemukan di internet. Tersisanya produk yang belum habis, tidak adanya layanan delivery order.

Pejabat yang bertanggung jawab:
Direktur utama

Bab  III
Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus  menjadi perhatian manajemen di masa yang akan datang. Kelemahan ini meliputi :
1.    Kelemahan yang terjadi  pada  program penjualan  perusahaan.
2.    Kelemahan yang terjadi karena hanya memiliki satu prinsip.
Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi maka, diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.
Rekomendasi :
1.    Perusahaan harus menyelaraskan jadwal induk produksi dengan jadwal pada fungsi bisnis lain yaitu dengan lebih dari satu prinsip.
2.    Perusahaan harus berani untuk menciptakan inovasi penjualan bukan hanya ditempat saja.
3.    Pelatihan karyawan harus dilakukan secara menyeluruh agar terciptanya proses penjualan yang lebih inovasi dari ide karyawan-karyawannya.

Keputusan untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen , tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki, kami mengkhawatirkan terjadi akibat yang lebih buruk pada penjualan di masa yang akan datang.














Bab IV
Ruang Lingkup Audit
Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah  pengelolaan program penjualan PT XYZ untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami mencakup penilaian atas program penjualan, rencana induk produksi dan operasi, produktivitas dan nilai tambah karyawan yang melakukan pelatihan dan personalia yang bertugas melalukan program penjualan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar