Jumat, 10 Oktober 2014

Perbedaan MYOB dengan Accurate

1. MYOB

MYOB (Mind Your Own Business) adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan di negara-negara lain seperti Amerika, Kanada, Selandia Baru dan lainnya. Hingga kini telah diterbitkan MYOB Accounting, MYOB Premier, dan MYOB Basic Business, MYOB Accounting Plus dan MYOB Just Invoice dengan berbagai versi.
Beberapa kelebihan & kekurangan MYOB dibandingkan dengan software akuntansi lain :

* Kelebihan
   - User Friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan
     mendasar tentang akuntansi.
   - Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
   - Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang
      merepotkan.
   - Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
   - Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam
      bentuk grafik.

* Kekurangan
   - Database MYOB merupakan database yang dikunci
   - MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. 
     Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak 
     tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
   - Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets
      yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB.
   - Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit 
     dikelola.
   - MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company.



  * Fitur yang disediakan oleh MYOB
     MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket. Beberapa modul
     (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB yang kemudian digabung salah satu form yang disebut
     dengan Command Center sebagai berikut :
     - Accounts
       Menyediakan fitur Account List, Record Journal Entry.
     - Banking
       Menyediakan fitur Spend Money, Receive Money, Bank Register, Reconcile Account, Prepare Bank 
       Deposit, Print Cheque.
     - Sales
       Menyediakan fitur Sales Register, Enter Sales, Receive Payment, Print Invoice.
     - Time Billing
       Menyediakan fitur Activities List, Enter Activity Slip, Prepare Time Billing Invoice, Activity Log.
     - Purchases
       Menyediakan fitur Purchases Register, Enter Purchases, Print Purchase Order.
     - Inventory
       Menyediakan fitur Item Register, Item List, Set Item Prices, Count Inventory, Adjust Inventory.
     - Card File
       Menyediakan fitur Card List seperti Customer, Supplier, Employee, Personal.


2. ACCURATE ACCOUNTING
Accurate adalah software akuntansi yang user friendly, yang memudahkan anda dalam menyusun laporan keuangan, laporan laba/rugi dan masih banyak lagi.

Laporan Accurate sendiri telah mengcover lebih dari 250 jenis laporan keuangan, mulai dari:
1. Inventory
2. Penjualan
3. Pembelian
4. Kas/Bank
5. dan Aktiva

Modul-Modul Accurate sendiri terdiri atas :
• Buku Besar
• Kas & Bank
• Persediaan Barang
• Penjualan
• Pembelian
• Aktiva Tetap

Accurate Software terdiri ada 3 jenis software :
1. Accurate Standard Edition
2. Accurate Deluxe Edition
3. Accurate Enterprise (untuk publikasi)

* Keistimewaan ACCURATE antara lain :
   - Handal
      Menggunakan database server Firebird, database berbasis SQL dari kelas client/server, ACCURATE 
      mampu melayani sampai ratusan user sekaligus tanpa penurunan performance yang berarti. Selain itu
      database-nya sangat kuat sehingga tidak akan rusak sekalipun listrik untuk server mati mendadak.
   - Secure/Aman
      Menggunakan metode pengamanan yang berlapis dan ter-enkripsi, database ACCURATE hanya bisa 
     diakses oleh personel yang diberi hak sesuai dengan batasan yang diperbolehkan.

* Keunggulan ACCURATE:

1. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi (user Friendly).
2. Support yang selalu siap membantu anda dalam penerapan transaksi yang sesungguhnya.
3. Biaya yang terjangkau tanpa perlu adanya tambahan biaya maintenance baik bulanan ataupun tahunan.
4. Client server technology dengan kemampuan rollback.
5. Transaksi real time, tidak perlu proses posting.
6. Modul lengkap untuk perusahaan dagang / jasa / kontraktor
7. Bilingual software ( Inggris dan Indonesia).
8. Mencatat hingga 920 triliun.
9. Laporan dapat di view langsung dengan microsoft excel.
10. Fasilitas untuk Proses Export & Import data.
11. Laporan, faktur yang dapat di customize oleh user.
12. Jejak audit.
13. Multi user.
14. Multi level GL Account dan item.
15. Multi Company.
16. Multi Gudang.
17. Multi Pajak Penjualan.
18. Multi Currency dengan kurs komersil dan kurs pajak.
19. Multi level Discount.
20. Multi unit dengan 3 level unit.
21. Metode persediaan dengan FIFO dan Average.
22. Tax Report dari PPN IN dan OUT sampai SPT Tahunan Form 1771 secara Otomatis.

http://gorila151206.blogspot.com/2010/12/perbedaan-software-akuntansi-myob.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar